Swift

Perkembangan Tenun Ikat Endek Bali

http://www.baliayucraft.com/wp-content/uploads/2013/11/13607767111310168480.jpg
Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki keindahan panorama yang eksotis dan juga terkenal akan kerajinannya yang sebagian besar telah merambah pasar internasional. Salah satu kerajinan khas Pulau Bali yang terkenal adalah kain tenun ikat, dimana Pulau Bali memiliki beberapa jenis kain tenun yang sudah sangat terkenal, yaitu Tenun Gringsing, Kain Songket, Endek Bali dan lain sebagainya.

Tenun ikat Bali atau endek merupakan produk budaya yang pada awalnya jenis kain tersebut hanya digunakan oleh para orang tua dan kalangan bangsawan, tetapi kini sudah hampir sebagaian besar masyarakat bali dapat mengenakan, baik untuk upacara besar maupun sembahyang ke pura. Kain endek Bali sebagian besar di design dan diproduksi untuk kepentingan pasar lokal di Bali, sehingga warna, motif dan designnya sesuai dengan selera masyarakat Bali. Kreativitas yang tercipta dari pembuatan endek secara tidak langsung telah mengantarkan endek sebagai identitas keunggulan budaya lokal.
Harmonisasi kehidupan yang dijalani perajin endek member inspirasi dalam penciptaan desain-desain endek yang lebih atraktif. Dalam proses pembuatan kain endek ada yang dikenal dengan istilah nyantri, yaitu menggoreskan warna dengan kuas bambu pada bagian-bagian ragam hias tertentu. Pembuatan endek bali masih melibatkan ritual dan masih menggunakan peralatan tenun tradisional untuk menghasilkan kain yang berkualitas, sehingga selain mendapatkan selembar kain, orang yang membeli endek juga telah mendapatkan kain yang penuh cerita dan makna.
 

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images